Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?

Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?
Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?
Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?



Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman benar-benar membawa perubahan besar pada arsitektur sebuah rumah. Contohnya saja dari bentuk kamar mandi. Dulu, desain dan tata letak kamar mandi berada terpisah dari bangunan utama. Kemudian, kamar mandi didesain masuk ke dalam rumah. Desain ini berkaitan dengan lahan yang makin terbatas.

Tak berhenti di sana, pada bangunan modern, letak kamar mandi saat ini banyak yang didesain di dalam kamar tidur. Hal ini mengadopsi model kamar hotel dan banyak diminati masyarakat. Menurut para arsitek, hal ini berkaitan dengan efisiensi, etika, dan kenyamanan penghuninya.

Pertanyaannya, sebenarnya bolehkah kamar mandi di bangun di dalam kamar tidur? Jika ya, bagaimana idealnya bentuk dan desain kamar mandi tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan menarik dari Rumahku.com berikut ini.

Terlebih untuk Anda yang hendak atau tertarik untuk membangun kamar mandi di dalam kamar tidur. Sebaiknya Anda tahu bagaimana cara tepat dan nyaman membuatnya, agar tak mengganggu istirahat berkualitas Anda.

1. Kamar Mandi Di Dalam Kamar Tidur Menurut Kepercayaan

Dunia arstitektur tak bisa lepas dari unsur-unsur kepercayaan. Misalnya kepercayaan adat, feng shui, dan sebagainya. Contohnya, menurut adat Jawa, sebersih dan sebaik apapun kondisi kamar mandi tetap saja berhubungan dengan 'sesuatu yang kotor', sehingga sebaiknya kamar mandi diletakkan terpisah dari kamar tidur atau bangunan utama.

Hal serupa juga dijelaskan dalam ilmu feng shui. Para pakar kerap menerangkan bahwa kamar mandi selalu dipenuhi energi 'yin' (negatif), sehingga seharusnya terletak di sektor yang buruk pada sebuah hunian.

Namun, dalam pandangan arsitektur hal ini bisa dilakukan penyesuaian. Sesuatu yang tidak menyalahi aturan kepercayaan, namun tetap efisien dan fungsional untuk penghuninya. Misalnya dengan memaksimalkan ventilasi udara, cahaya alami, hingga menjaga kebersihannya.

2. Desain Kamar Mandi Di Dalam Kamar Tidur Yang Ideal

Pada hakekatnya, desain kamar mandi dalam kamar tidur lebih fokus ke penyesuaian pada etika dan kenyamanan penghuni. Fungsi utama kamar tidur ialah untuk tempat beristirahat. Ketika ditambahkan kamar mandi dalam, maka tentu kamar tidur jadi memiliki dua fungsi. 

Nah, bagaimana dua fungsi tersebut tetap efisien untuk ruang dan waktu? Tentu ada aturan dan beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

Kesesuaian Luas Kamar Mandi dan Kamar Tidur

Sebelum membangun kamar mandi dalam, sebaiknya pertimbangkan dulu luas kamar. Jika luas kamar Anda kurang dari 12 meter persegi, sebaiknya tak memaksakan membangun kamar mandi dalam. Jika tetap dipaksakan kamar cenderung terasa sumpek.

Untuk ukuran, luas kamar mandi di dalam kamar tidur maksimal sepertiga dan minimal seperempat dari total luas ruangan. Luas kamar mandi tersebut tentu mempertimbangkan desain dan perabotan di dalamnya yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuni.

Posisi Kamar Mandi

Atur posisi kamar mandi di titik yang tepat, agar tak mengganggu aktivitas dan kenyamanan Anda. Tentu rasanya kurang nyaman, ketika bangun tidur yang dilihat pertama kali adalah kamar mandi. Untuk itu, jangan letakkan pintu kamar mandi menghadap ke ranjang. Intinya, usahakan Anda bisa tidur nyenyak di kamar tanpa melihat kamar mandi.

Selain itu, letak kamar mandi sebaiknya juga tak mengganggu perabotan utama dalam kamar tidur. Misalnya, meja hias dan lemari. Pintu kamar mandi sendiri sebaiknya menggunakan bukaan dalam atau pintu geser. Alasannya untuk menghemat ruang dan tetap menjaga privasi. Hindari memakai pintu yang hanya berupa tirai.

Kamar mandi dalam juga sebaiknya dibuatkan pembatas dan pembeda. Misalnya lantai kamar mandi lebih rendah daripada kamar tidur. Atau dibuatkan pembatas seperti tanggul kecil, agar air yang mengalir tidak sampai meluber ke lantai kamar tidur.

Saluran Air dan Ventilasi Udara

Untuk ventilasi yang baik, umumnya kamar mandi di dalam kamar tidur dilengkapiexhaust fan. Fungsinya untuk pertukaran udara dan menetralkan kelembapan di dalamnya. 

Sementara untuk saluran air, perhatikan kelancarannya agar tak meluap hingga kamar tidur. Jaga kebersihan kamar mandi agar tetap sehat, tidak lembab, dan tidak berjamur.

Pada kamar mandi di dalam kamar tidur, sebaiknya tidak ada bak mandi. Isi di dalamnya hanya shower, toilet dan wastafel. Alasannya, bak mandi umumnya berisi air yang menggenang tanpa penutup. Hal ini tentu berpotensi dihuni jentik-jentik nyamuk yang bisa menganggu kesehatan.

Terkait desain kamar mandi, hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Misalnya materialnya menggunakan kaca, kamar mandi dilengkapi koran untuk dijadikan ruang baca sekaligus, dan masih banyak lagi.
Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?

Sumber : rumahku.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bolehkah Kamar Mandi Dibangun di Dalam Kamar Tidur?"

Post a Comment