Istilah Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Internet

Istilah Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Internet
Istilah Istilah Dalam
Dunia Komputer
 Dan Internet
Istilah Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Internet
Kita sering mendengar, membaca bahkan menyebut istilah istilah dunia komputer, seperti software, hardware back up dan lainnya. Berikut ini istilah istilah yang sering kita jumpai dan sering kita dengar di dunia komputer maupun dunia internet


1. ALU : Bagian CPU yang memproses data untuk melakukan operasional dan perhitungan

2. Array Processor /Co- Processor : Unit prosesor tambahan yang digunakan untuk mempercepat proses perhitungan data.

3.Backup : Salinan perangkat lunak atau data yang tersimpan pada media penyimpanan.

4.BIOS (Basic Input Output System) : Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA dll. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk memboot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapar ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

5. Booting Up : Proses ROM mengirim perintah ke CPU untuk memulai operasional saat komputer dinyalakan.

6. Browser : Program aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi layanan internet.

7. Bus : Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis. Sekumpulan kabel yang merupakan alat trasnsportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, peritnah atau alamat.

8. Casing : Sebuah kotak plastik atau metal yang berfungsi untuk melindungi dan menempatkan hardware utama komputer.

9. Cathode Ray Tube (CTR) : Alat penghasil gambar pada layar monitor yang menggunakan sinar elektron yang men scan permukaan layar monitor.

10. Central Processing Unit (CPU) : Bagian komputer yang berisi unit kontrol dan aritmetika, CPU membawa perintah program.

11. Chip : Silikon kecil yang dilapisi jutaan sirkuit dan gerbang logika.

12. Chipset : Kombinasi chip yang berfungsi untuk menjembatani aliran data dan mengontrol beberapa periferal komputer.

13. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) : RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan.

14. Command Prompt : Aplikasi DOS pada Sistem Operasi Windows.

15. Core : Bagian inti dari sebuah prosessor.

16. Data BUS : Merupakan jalur jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada  masing masing jalur saluran hanya dapat membawa 1bit data, oleh karena itu jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat di transfer pada suatu saat, Lebar data base ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya Bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus, Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

17. Database (software) : Sekelompok informasi yang tersimpan di file yang dapat ditemukan dengan mudah.

18. Desktop : Tampilan menu pada OS, biasanya terdapat icon dan wallpaper, jenis casing yang berbentuk mendatar/horizontal.

19. DMA (Direct Memory Access) : Akses memori secara langsung. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses pengaksesan memori secara langsung. Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.

20. Driver : Software yang digunakan untuk mengendalikan hardware agar mampu bekerja atau agar dapat bekerja secara optimal.

21. Disc : Piringan Penyimpanan pada media penyimpanan jenis optik.

22. Disk Drive : Media penyimpanan data pada komputer atau perangkat portable lain.

23. DOS (Disk Operating System) : Program untu PC yang membawa perintah teks untuk menjalankan program.

24. E-Mail (Electronic Mail) : Metode pengiriman pesan antar komputer dengan jaringan

25. FAT (File Allocation Table) : Sistem media penyimpanan format Windows/sistem partisi harddisk.

26. Floppy Disk : Media penyimpanan data berbentuk piringan magnetik dan dapat menyimpan data berukuran kecil.

27. Gateways : Perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang menggunakan protokol yang berbeda sehingga jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

28. GPRS (General Pocket Radio Service) : Merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet dimanapun selama sinyal GPRS tersebut ada. GPRS adalah perangkat pemancar yang menggunakan gelombang radio. Perangkat nirkabel yang mempunyai GPRS misalnya telepon seluler atau PDA (yang mendukung fasilitas GPRS). Kecepatan akses GPRS maksimal 400 KBps.

29. GUI (Graphical User Inteface) : Tampilan sebuah OS yang menggunakan unsur grafik dalam interfacenya.

30. Hacker ; Seorang atau sekelompok orang yang secara ilegal bisa mengakses data dan inforamasi dalam komputer orang lain untuk mengganggu pekerjaan orang lain, merusak sebuah sistem informasi, pencurian dan jual beli data/ informasi , dan untuk tindak kejahatan lainnya. Hacker juga menciptakan virus atau sejenisnya.

31. Harddisk : Media penyimpanan data utama pada komputer yang menggunakan piringan keras bermagnet yang memungkinkan data dapat disimpan dalam titk bermagnet.

32. Head : Kepala/ujung perekan pada harddisk yang berfungsi untuk membaca atau menulis data.

33. Hub : Sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk memperbanyak client.

34. Icon : Sebuah gambar kecil /simbol yang mewakili aplikasi/folder, sehingga mudah untuk dicari dan diingt.

35. IDE (Integrated Drive Electronics) : Standar Interface harddisk dan CD ROM lama yang masih ada. Murah dan teritegrasi dengan motherboard merupakan alasan teknologi ini tetap ada. Jumlah IDE ada 4 buah tiap motherboard dan koneksi dengan kabel pipih 80 pin, interface yang bottleneck dan menghambat panas.

36. Interface : Antarmuka, hubungan atau batasan umum antara dua unit atau alat, batasan umum antara sistem pengolahan data otomatis atau bagian suatu sistem tunggal.

37. Internet : Jaringan komputer yang memiliki jangkauan seluruh dunia.

38. Intranet : Sebuah jaringan atau sumber daya yang digunakan untuk kepentingan internal sebuah perusahaan / instansi dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

39. ISP (Internet Service Provider) : Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya.

40. Kernel : Bagian inti dari sebuah sistem operasi.

41. Keyboard : Seperangkat papan dengan tombol tombol yang digunakan untuk memasukkan perintah.

42. LCD ( Liquid Crystal Display) : Alat penghasil gambar yang menggunakan ribuan sampai jutaan piksel agar dapat menghasilkan citra atau teks. Layar LCD dapat berfungsi karena adanya kristal cair yang menghasilkan gambar jika ada arus listrik mengalir, menghalangi cahaya sehingga menghasilkan pola gambar/teks.

43. Local Area Network (LAN) : Sekelompok komputer yang dihubungkan bersama dalam satu gedung/area yang tidak terlalu luas.

44. Main Memory : Memori penyimpanan data utama pada komputer.

45. Random Acces Memory (RAM) : Sebuah papan tipis yang berisi chip yang berfungsi untuk menyimpan data sementara saat komputer dihidupkan, Semakin besar ukuran RAM semakin cepat kinerja komputer.

46. Modem : Alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan sehingga dapat berkomunikasi dan bertukar data.

47. Monitor : Alat yang digunakan untuk menampilkan dan merupakan hasil output dari proses komputer yang disebut soft copy.

48. Mouse : Peralatan input untuk menggerakkan tanda penunjuk  pointer dan meruipakan alat untuk mempermudah pengoperasian OS berbasis GUI.

49. Motherboard : Bagian utama pada komputer yang berupa PCB dan berisi ribuan sirkuit yang bergabung menjadi sebuah sistem komputer. Sebuah papan yang berisi slot/port dan berfungsi untuk menancapkan dan menghubungkan periferal utama komputer.

50. Multitasking : Jenis sistem operasi yang mampu menujalankan lebih dari satu aplikasi pada wakut yang bersamaan.

51. Network (jaringan) komputer : Sekelompok komputer yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya pemakaian sumber daya (seperti harddisk, printer, scanner maupun CD drive) dan komunikasi data secara langsung.

52. NTFS (New Technology File System) : Sistem media penyimpanan format windows/ sistem partisi harddisk yang lebih stabil dibandingkan dengan FAT.

53. OS (Operating System) : Software mendasar yang berfungsi sebagai penghubung antara user dengan komputer.

54. Overheat : Kelebihan panas yang ditimbulkan oleh periferal tertentu dan dapat memperpendek usia komponen atau periferal yang bersangkutan.

55. PCB (Printable Componen Board) : Sebuah papan plastik yang berisi alur alur konduktor teratur yang memungkinkan seluruh komponen dapat berhubungan dan membentuk satu kesatuan sistem sirkuit elektronik.

56. Perangkat Keras (Hardware) : Elemen komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik dan mengendalikan kegiatan komputer yang sebenarnya.

 57. Perangkat Lunak (Software) : Program dan data yang tidak dapat disentuh secara fisik dan trsimpan dalam hardware yang dapat menjalankan komputer dan mengendalikan hardware.

58. Periferal : Peralatan pendukung (hardware) yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara optimal.

59. PIC (Programmable Interupt Controller) : Kendali sela terprogram . Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal. Alat pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan.

60. Pin : Konektor kecilyang berfungsi untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lainnya.

61. Platter : Pringan keras bermagnet tempat menyimpan data pada harddisk.

62. Portable Hardware : Perangkat yang dapat dilepas dari komputer atau dapat dibawa bawa dengan mudah dan praktis.

63. Portable Software : Program yang dapat dibuka di path mana saja bahkan dapat dibuka di removable drive tanpa harus diinstal pada komputer.

64. Power Supply : Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pencatudaya/pemberi sumber tegangan /arus pada peralatan komputer.

65. Printer : Alat yang digunakan untuk mencetak data atau gambar ke kertas yang disebut hard copy.

66. Read Only Memory (ROM) : Memori yang bersifat tetap dalam menyimpan data sehingga meskipun komputer dimatikan data tetap tersimpan didalamnya. Di dalam ROM terdapat software penting yang digunakan untuk mengendalikan proses dasar komputer yang disebut BIOS.

67. RAID (Redudancy Array of  Independent Disk) : Merupakan sekumpulan diskdrive yang dianggap oleh OS sebagai drive tunggal. Recovery dan security menjadi prioritas.

68. Recovery : Kegiatan mengembalikan / memperbaiki file yang terhapus atau rusak.

69. Removable Disk : Media penyimpanan yang bersifat portable /dapat dibawa kemana mana dengan mudah dan praktis.

70. Resolusi : Kualitas dan kejernihan sebuah gambar, dalam ukuran piksel, dot/inchi. atau piksel/ inchi.

71. RPM (Rotation Per Minute) : Satuan kecepatan perputaran silinder dalam 1 menit, misalnya sebuah harddisk mempuanyai kecepatan putar 7200 RPM., berarti platter harddisk tersebut dapat berputar hingga 7200 putaran permenit.

72. Scanner : Alat yang dapat mengubah gambar/teks menjadi kode biner/digital sehingga dapat ditampilkan di monitor.

73. SCSI (Small Computer Standard Interface) ; Yaitu Interface dengan kecepatan 160 MB/detik. Jenis SCSI (SCASI 1, Wide SCSI, Ultra wide) menggunakan card tersendiri .

74. Slot : Media penghubung komputer yang befungsi untuk menancapkan periferal yang berbentuk kartu /card.

75. Storage : Media penyimpanan.

76. Upgrade : Kegiatan memperbarui hardware ke jenis yang lebih baru/terakhir.

77. User : Pengguna komputer

78. Utility : Software sistem yang membantu dalam memperbaiki sistem komputer.

79. Virus/ Malware (Mallicious Software)/ Trojan Horse/ Worm : Program komputer yang dibuat untuk merusak/menghancurkan data, merusakkan sistem komputer, mencuri data atau untuk kepentingan kejahatan lainnya. Virus menyebar melalui jaringan internet atau email dan media penyimpanan.






Demikianlah istilah istilah dalam dunia komputer dan internet yang dapat saya tuliskan 
semoga bermanfaat...!!

   Istilah Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Internet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Internet"

Post a Comment